Tangerang Jakarta
+628132800320

Ikuti Tips ini Agar Kerja di Jepang Lebih Mudah

Kami Penyalur Tenaga Kerja ke Jepang Terpercaya dan Terdaftar

Ikuti Tips ini Agar Kerja di Jepang Lebih Mudah

Bekerja di luar negeri memang menjadi impian sebagian orang. Selain bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi, bekerja di luar negeri bisa menjadi petualangan dengan berbagai pengalaman menarik. Apalagi dengan budaya dan sistem kerja yang berbeda dengan di negeri sendiri. Tidak terkecuali bekerja di Jepang.

Kamu mungkin pernah mendengar cerita-cerita tentang budaya kerja di Jepang dari orang-orang yang sudah pernah kesana. Budaya kerja di Jepang memang terkenal lumayan strict dan ketat. Tapi ada juga orang yang suka dengan gaya kerja seperti itu.

Buat kamu yang ingin bekerja di Jepang, ada baiknya kamu simak tips-tips di bawah ini. karena bekerja di Jepang memang tidak semudah bekerja di Indonesia, kamu harus mempersiapkan hal-hal ini jauh sebelum berangkat ke Jepang.

Belajar Bahasa Jepang

Tentu saja untuk bekerja di Jepang kamu harus bisa berbahasa Jepang. Kalau bahasa Inggris, bagaimana? sayangnya orang Jepang sangat jarang menggunakan bahasa Inggris. Bahkan di tempat-tempat umum, banyak petunjuk yang tertulis dengan bahasa Jepang.

Sebelum ke Jepang, sebaiknya kamu ikut les Bahasa Jepang dulu. Ada banyak kursus  bahasa yang punya program untuk persiapan kerja. Selain les supaya kemampuanmu terakreditasi, kamu juga harus ikut ujian kesetaraan bahasa Jepang atau JLPT. JLPT ini mirip seperti test TOEFL tapi tentunya dalam bahasa Jepang. ada 5 level di JLPT  dengan level N5 adalah level paling rendah. Buat kamu yang mau bekerja di Jepang, kamu harus mencapai level N2 atau setara dengan kemampuan mengerti bahasa Jepang formal atau berita dalam kecepatan normal.

Harus Paham Cara untuk Bisa Kerja di Jepang

Setelah bisa Bahasa Jepang, tinggal mencari kanal-kanal mana saja yang bisa membantu kamu untuk bekerja di Jepang.

Melamar kerja di Perusahaan Jepang yang ada di Indonesia

 

Jepang punya banyak perusahaan besar yang mendirikan cabang di berbagai Negara. Jika kamu bisa diterima untuk bekerja di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia, tentu persentase bekerja di Jepang akan semakin tinggi. Soalnya, perusahaan sering mengirim pegawainya untuk bertugas di Jepang. apalagi kalau posisi yang kamu lamar cukup strategis.

Jadi pekerja magang atau kensshusei lewat jalur Depnaker

Depnaker atau Departemen Tenaga Kerja di Indonesia bekerja sama dengan IMM-Japan punya program unyuk kamu yang ingin bekerja di Jepang. kamu bisa mendaftar sebagai pekerja magang alias kenshusei. Enaknya lagi, dengan jalur ini kamu tidak perlu pendidikan terlalu tinggi. Bahkan lulusan SMA juga bisa bekerja di Jepang. pekerjaan yang ditawarkan biasanya berhubungan dengan pabrik, peternakan, atau pertanian. Seperti operator mesin atau teknisi.

Untuk lengkapnya cek saja di situs IMM-Japan.

Sekolah di Jepang

Meski prosesnya akan sangat lama tapi jika kamu bisa bersekolah di Jepang, kesempatanmu bekerja di Jepang akan semakin tinggi, lho. pasalnya, cara ini memungkinkan administrasimu diurus oleh perusahaan tempatmu bekerja nanti.

Kamu bisa memilih sekolah khusus bahasa Jepang alias senmon gakkou selepas SMA atau kuliah. Kamu juga bisa mendaftar sekolah S2 di negeri sakura setelah lulus S1 di Indonesia.

Untuk melamar kerja, kamu bisa cari lewat lembaga pemerintah yang jadi perantara pencari kerja dan perusahaan. Selain jasa pemerintah, banyak juga jasa dari lembaga swasta. Media seperti Koran, stasiun, dsb bisa juga membantu kamu menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai.

Menikah dengan orang Jepang

Kesempatan bekerja di Jepang akan menjadi tinggi jika jodohmu adalah orang Jepang. mungkin kamu tidak percaya, tapi orang Jepang akan lebih suka jika pekerja asing memiliki anggota keluarga orang Jepang juga, lho.

Harus Tahu Jenis Pekerjaan di Jepang

Sebelum melamar kerja cari tahu dulu pekerjaan apa saja yang boleh dilakukan di Jepang untuk pekerja asing.

Asal kamu tahu, tidak banyak pekerjaan yang dibuka untuk pekerja luar negeri di Jepang. Terutama pekerjaan pembantu rumah tangga nyaris tidak ada karena orang Jepang selalu melakukan pekerjaan rumah tangga sendiri.

Pekerjaan yang umum untuk warga asing antara lain:

Pekerja magang atau kenshusei, tenaga perawat (kangoshi) dan caregiver (kaigofukushishi), tenaga profesional atau berkemampuan khusus seperti pengajar, juru masak, dll.

Lengkapi persyaratan administrasi

Jangan sampai ketika bahasa Jepangmu sudah level atas dan sudah siap berangkat, eh malah gagal kerja di Jepang karena dokumen yang dibutuhkan tidak lengkap. Kamu harus sangat teliti dan mempersiapkan segala administrasi yang diperlukan untuk bekerja di luar negeri, ya. Biasanya administrasi pertama yang harus kamu urus adalah visa. Pastikan visamu sesuai dengan keperluanmu.

Menyesuaikan Diri dengan Budaya Kerja di Jepang

Setelah semua persiapan dilakukan dan sudah sampai di Jepang, hal yang perlu kamu lakukan adalah membiasakan diri dengan budaya kerja Jepang. tidak hanya budaya di kantor tapi juga budaya di masyarakat sehari-hari. Seperti kebiasaan membungkukan badan saat berterima kasih, memberikan kartu nama dengan dua tangan, menyapa, dan lain-lain.

Itu dia tips-tips agar bekerja di Jepang bisa jadi lebih mudah. Semoga bermanfaat untuk kamu dan tetap semangat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi ? Hubungi kami via Whatsapp